Monday, January 19, 2009

7 Tips Dalam Promosi Ala Gue (New)

Ok sobat blogger semuanya, kali ini aku mau membahas masalah promosi dulu nich, gapapa kan? Dalam bisnis online, promosi itu mau tidak mau wajib hukumnya. Iya nggak? Kalau ditanya bisa nggak sukses tanpa promosi??? Saya yakin semua orang termasuk yang udah expert sekalipun di bidang bisnis online akan mengatakan tidak. Bagaimana dengan sobat semua?

Dari hasil saya bertapa....eh belajar maksudnya selama ini siang dan malam tentang bisnis online, ada 7 cara ampuh buat anda semua untuk promosi bisnis online. Apa itu?


A. Beriklan Gratis
Apabila anda mau beriklan di internet untuk promosi produk anda, anda bisa menggunakan situs-situs iklan gratis misal iklanbaris.co.id. Selain itu, anda bisa memanfaatkan software pengirim iklan gratis yang bisa mengirimkan iklan anda ke puluhan website sekaligus dalam satu waktu. Atau sekarang juga banyak iklan gratis yang menyediakan submit ke puluhan iklan gratis lainnya misalkan SpyOnAd

B. Email Marketing
Apakah anda merasa agak sulit untuk bersaing memasarkan produk anda di dunia online? Jangan putus asa! Masih ada cara lain yang tidak kalah ampuhnya, yaitu dengan jalan email marketing. Bagaimana caranya? Gampang saja. Mulailah dari teman-teman anda. Anda punya teman, teman anda punya teman lain, dan seterusnya. Promosikan ke teman anda untuk menjadi agen anda misal dengan revenue sharing 50:50, maka insya allah teman anda tidak akan menolak kok. Dengan sistem demikian, produk anda seiring berjalannya waktu pangsa pasarnya akan semakin luas.

C. Iklan Berbayar
Iklan ini anda harus membayar iklan yang anda pasang untuk setiap klik yang terjadi. Biasanya harganya sekitar 300-1000 per klik. Memang sih cukup mahal untuk ukuran 1 kali klik saja tapi tentu ada keuntungannya. Iklan anda bisa muncul di situs yang ingin anda pasangi iklan. Untuk penyedia layanan ini ada kliksaya.com ,kumpulblogger.com, adsensecamp,atau bisa juga Adspeedy untuk iklan berbayar Indonesia sementara untuk iklan berbayar luar negeri bisa menggunakan jasa AdBrite , ataupun Adsense

D. Forum Marketing
Maksudnya, anda bisa mengikuti suatu forum yang berhubungan dengan apa yang sedang anda promosikan. Mungkin saja forum antar teman anda. Nah, disinilah anda nanti menempatkan diri anda sebagai seorang ahli tentang jenis produk yang anda tawarkan dan kemudian barulah anda menawarkan produk anda ini ke seluruh anggota forum. Menurut yang saya baca di internet, promosi melalui forum ini sangatlah ampuh. Kebanyakan anggota forum akan tertarik dengan penawaran yang diberikan oleh orang-orang yang sehobi atau seperguruan dengan mereka.

E. Viral Marketing
Pada intinya, viral marketing adalah suatu metode promosi melalui teman-teman sejawat yang nantinya akan bisa membuat produk / bisnis anda dibicarakan oleh banyak orang dimanapun. Tipe promosi seperti ini layaknya virus yang dengan sedikit usaha promosi saja, produk anda akan cepat dibicarakan banyak orang. Bagaimana caranya? Pertama yang jelas anda harus mempunyai pembawa pesan promosi untuk produk anda yang andal. Kedua, anda tetapkan metode apa yang ingin anda gunakan, misal metode email, link, banner, atau mulut ke mulut. Yang jelas, metode apapun harus mudah penyampaiannya oleh pembawa pesan sehingga mudah diterima calon konsumen anda. Usahakan anda memiliki batasan ruang promosi yang jelas misalkan di suatu forum tertentu. Dengan demikian, sangat besar kemungkinan promosi anda akan menyebar dengan sangat luas dan cepat.

F. Pertukaran Banner / Link
Metode ini juga bisa dibilang ampuh. Perbanyaklah link-link dari web lain yang mengarah ke website / blog produk anda. Dengan demikian semakin besar pula kesempatan orang lain mengetahui produk anda. Pasang banner anda di situs lain dan minta situs tersebut memasang link balik ke situs anda. Insya Allah ini adalah cara yang cukup manjur.

G. Menggunakan Traffic Generator
Maksudnya apa ya? Coba anda lihat blog saya ini, blog ini jujur baru saya buat tanggal 7 Desember 2008 dan sejak saat itu saya menggunakan layanan traffic generator gratisan yang ada. Hasilnya? Dalam 1 bulan langsung naik ke pagerank 3. Lho yang bener? kalau menurut saya pribadi dengan ikut program traffic generator, selain meningkatkan jumlah pengunjung juga memperbesar peluang bisnis kita dikenal entah itu adsense, afiliasi, dan sebagainya. Tertarik ingin mencoba??? Contoh layanan yang saya pakai adalah FunGuppy.com, yang lain juga ada misal Entrecard.


Ok sobat, saya rasa cukup itu dulu ntar disambung lagi. Jangan lupa kasih komen ya barangkali sobat ada cara-cara lain. Makasih...

Powered By : DapurBisnis



Share

14 comments:

Anonymous said...

thanks ya udah sharing artikel ini.beberapa dari tips-nya akan saya coba..

nah ini baru bisa komen..hehe

Anonymous said...

hmmm..kalo entrecard kan tidak menerima blog dalma bahasa indonesia.
awal2nya sih mereka approved.
tapi setelah mereka sidak, maka biasanya blog dalam bahasa indonesia, pasti di-delete.

Anonymous said...

@ Budiawan Hutasoit : Iya bang, abis template ini agak2 susah. Ga tahu juga, udah aku ubek2 disana-sini ga bisa juga komen yang langsung ada di bawah...he..he.. Ada yang bisa bantu aku???

Anonymous said...

@ Quantum Indonesia : Saya setuju sekali bang, iya saya kelupaan tidak saya cantumkan..ntar saya revisi dech bang sekaligus ditambahin lagi. Thanks for comment...:)

Anonymous said...

matur suwun ya :D

Anonymous said...

@septiananda :
inggih, sami-sami..hehehe

Ruli Saputri said...

Halo salam kenal

paling seru no 1 tuh sekali submit langsung banyak, postingan yang menambah wawasan nih, patutu diacungin jempol.

http://rulisaputri.blogspot.com
( Mencari Partner, Anda mau jadi sahabat dunia maya ini )

Andryan said...

Thanks ya....


Infonya bermanfaat banget...


Jangan lupa maen ke blog saya youw...


http://andryanseekyou.blogspot.com

bisnis internet said...

Bisa juga dengan social bookmarking.
Kalo indonesia: lintasberita.com, infogue.com, yournews.astaga.com

Kalo LN: digg.com, mixx.com, propeller.com
dll

Salam, David

Iklan Baris Gratis said...

Nice post bro...
Mungkin bisa juga dengan mengoptimasi website kita di search engine.
Itu merupakan salah satu cara yang menurut saya cukup lumayan ampuh..

M Hasan said...

wah....ini dia trik yang dicari...patut ditiru neh....makasih sob atas postingannya ;)

obat lemah syahwat said...

Thank You for such a great idea!....

vitabrain said...

I havent any word to appreciate this post.....Really i am impressed from this post....the person who create this post it was a great human..thanks for shared this with us.

Mang uem said...

thanks sudah berbagi ilmunya, sukses selalu...

Post a Comment